kecilkan semua  

Teks -- Ezra 4:6-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
4:6 Pada zaman pemerintahan Ahasyweros, pada permulaan pemerintahannya, mereka menulis surat tuduhan terhadap orang-orang yang telah menetap di Yehuda dan di Yerusalem. 4:7 Dan pada zaman Artahsasta ditulislah surat oleh Bislam, Mitredat dan Tabeel serta rekan-rekannya yang lain kepada Artahsasta, raja negeri Persia. Naskah surat itu ditulis dalam bahasa Aram dengan terjemahannya. (Dalam bahasa Aram:) 4:8 Rehum, bupati, dan Simsai, panitera, telah menulis surat terhadap Yerusalem kepada raja Artahsasta, yang isinya sebagai berikut. 4:9 -- Pada waktu itu ditulislah surat itu oleh Rehum, bupati, dan Simsai, panitera, serta rekan-rekan mereka yang lain, para hakim dan punggawa dan pegawai-pegawai, orang Persia, orang-orang dari Erekh, dari Babel serta orang-orang dari Susan, yaitu orang-orang Elam, 4:10 dan bangsa-bangsa lain, yang oleh Asnapar yang agung dan mulia itu dipindahkan dan disuruh menetap di kota Samaria dan di daerah yang lain sebelah barat sungai Efrat. 4:11 Inilah salinan surat yang dikirim mereka kepadanya: "Ke hadapan raja Artahsasta dari hamba-hamba tuanku, orang-orang di daerah sebelah barat sungai Efrat. Maka 4:12 kiranya raja maklum, bahwa orang-orang Yahudi, yang berangkat dari tuanku ke tempat kami, telah tiba di Yerusalem. Mereka sedang membangun kembali kota yang durhaka dan jahat itu; mereka menyelesaikan pembangunan tembok-tembok dan memperbaiki dasarnya. 4:13 Kiranya raja maklum, bahwa jikalau kota itu sudah dibangun dan tembok-temboknya sudah selesai, orang tidak lagi membayar pajak, upeti atau bea, sehingga kota itu akhirnya mendatangkan kerugian kepada raja-raja. 4:14 Sekarang, oleh karena kami mempunyai hubungan dengan raja dan tidak patut bagi kami melihat raja kena cela, maka oleh sebab itu kami menyuruh orang memberitahukan hal itu kepada raja, 4:15 supaya diadakan penyelidikan dalam kitab riwayat nenek moyang tuanku. Di dalam kitab riwayat itu tuanku akan mendapati dan mengetahui, bahwa kota itu kota durhaka, yang selalu mendatangkan kerugian kepada raja-raja dan daerah-daerah, dan bahwa orang selalu mengadakan pemberontakan di dalamnya sejak zaman dahulu. Itulah sebabnya maka kota itu dibinasakan. 4:16 Kami ini memberitahukan kepada raja, bahwa jikalau kota itu sudah dibangun kembali dan tembok-temboknya sudah selesai, maka bagi tuanku kelak tidak ada lagi milik di daerah sebelah barat sungai Efrat." 4:17 Maka raja mengirim surat jawaban ini: "Kepada Rehum, bupati, dan Simsai, panitera, serta rekan-rekan mereka yang lain, yang tinggal di Samaria dan di daerah yang lain seberang sungai Efrat. Salam! Maka sekarang, 4:18 surat yang kamu kirim kepada kami, telah dibacakan kepadaku dengan jelas. 4:19 Lalu atas perintahku telah diadakan penyelidikan, dan didapati, bahwa kota itu sejak zaman dahulu selalu bangkit melawan raja-raja dan bahwa penduduknya selalu mendurhaka dan memberontak. 4:20 Lagipula dahulu ada raja-raja yang berkuasa atas Yerusalem, yang memerintah seluruh daerah seberang sungai Efrat, dan kepada mereka dibayarlah pajak, upeti dan bea. 4:21 Oleh sebab itu, keluarkanlah perintah, untuk menghentikan orang-orang itu, supaya kota itu jangan dibangun kembali, sebelum aku mengeluarkan perintah. 4:22 Dan ingatlah baik-baik supaya jangan kamu perbuat suatu kelalaian dalam perkara ini. Apakah gunanya kerusakan yang menjadi kerugian raja-raja itu bertambah besar?" 4:23 Maka setelah salinan surat raja Artahsasta dibacakan kepada Rehum, dan Simsai, panitera, serta rekan-rekan mereka, berangkatlah mereka dengan segera ke Yerusalem mendapatkan orang-orang Yahudi, dan dengan kekerasan mereka memaksa orang-orang itu menghentikan pekerjaan itu. 4:24 Pada waktu itu terhentilah pekerjaan membangun rumah Allah yang di Yerusalem, dan tetap terhenti sampai tahun yang kedua zaman pemerintahan Darius, raja negeri Persia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahasyweros king of Persia after Darius
 · Artahsasta a man who usurped the Persian throne 552-551BC (ZD74),a Persian king who must have reigned before 516BC (ZD74),King of Persia about 460-440BC (ZD74)
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bahasa Ibrani an ancient Jewish language used in the Old Testament
 · Bislam a man who was an opponent to Zerubbabel's rebuilding the temple
 · Darius king of Persia after Cyrus and Artaxerxes Smerdis; Darius I,son of Ahasuerus; Darius II the Mede,king of Persia after Darius II; Darius III the Persian
 · Elam son of Shem son of Noah,a country east of the Tigris and Babylon in the territory of Media,son of Shashak of Benjamin,son of Meshelemiah; a Levite gatekeeper,a man whose descendants returned from exile in Babylon; Elam I,forefather of exile returnees with Zerubbabel; Elam II,forefather of returnees headed by Jeshaiah,forefather of Shecaniah who had to put away his heathen wife,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,a priest who helped Nehemiah dedicate the new wall of Jerusalem
 · Erekh a town in Lower Mesopotamia on the Euphrates River
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · kerajaan Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Mitredat a man who was treasurer of Cyrus, King of Persia,a man who was an opponent to Zerubbabel's rebuilding the temple
 · negeri Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · orang Babel members of the nation of Babylon
 · orang Persia citizen(s) of Persia
 · orang-orang Elam members of the clan of Elam; residents of the region of Elam
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Persia citizen(s) of Persia
 · raja Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Rehum a priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a man who was one of Ezra's local adversaries,son of Bani; a Levite who helped repair the walls of Jerusalem,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · Simsai father of (Zabad?) who had Artaxerxes stop the work on the temple
 · Susan capital city of Elam and winter home of the Persian kings (OS)
 · Tabeel a man who was an opponent to Zerubbabel's rebuilding the temple,an official from Damascus in the time of King Ahaz of Judah
 · tentara Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Aram | Penulis Peristiwa | Bait Suci Yang Kedua | Fitnah | Pajak | Surat Kiriman | Samaria Pada Zaman Kristus | Artahsasta | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Pemungut Cukai | Ahasyweros | Istana | Rehum | Kitab | Bilsam | Asnapar | Dasar | Simsai | Tarpeli | Aram (Siria) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ezr 4:6 - PEMERINTAHAN AHASYWEROS ... MEREKA MENULIS SURAT TUDUHAN. Nas : Ezr 4:6 Ahasyweros memerintah kerajaan Persia sejak tahun 485 hingga 465 SM. Peristiwa-peristiwa dalam kitab Ester terjadi selama masa ini.

Nas : Ezr 4:6

Ahasyweros memerintah kerajaan Persia sejak tahun 485 hingga 465 SM. Peristiwa-peristiwa dalam kitab Ester terjadi selama masa ini.

Full Life: Ezr 4:11 - SALINAN SURAT YANG DIKIRIM MEREKA. Nas : Ezr 4:11 Ezra tidak merinci tuduhan yang disampaikan musuh-musuh Yehuda kepada Raja Ahasyweros (ayat Ezr 4:6), tetapi sebuah salinan dikirim ...

Nas : Ezr 4:11

Ezra tidak merinci tuduhan yang disampaikan musuh-musuh Yehuda kepada Raja Ahasyweros (ayat Ezr 4:6), tetapi sebuah salinan dikirim pada masa Ezra sendiri kepada raja berikutnya, yaitu Artahsasta (yang memerintah dari 465 hingga 424 SM). Sayang sekali, surat ini berisi sedikit kebenaran juga -- Yerusalem telah berkali-kali memberontak kepada kerajaan Babel.

Full Life: Ezr 4:23 - DENGAN KEKERASAN MEREKA MEMAKSA ... MENGHENTIKAN PEKERJAAN. Nas : Ezr 4:23 Neh 1:3 memberikan keterangan lebih terinci tentang apa yang dilakukan musuh orang Yahudi untuk menghalangi pembangunan kembali temb...

Nas : Ezr 4:23

Neh 1:3 memberikan keterangan lebih terinci tentang apa yang dilakukan musuh orang Yahudi untuk menghalangi pembangunan kembali tembok kota. Ayat ini mengakhiri kisah penganiayaan oleh orang Samaria

(lihat cat. --> Ezr 4:5).

[atau ref. Ezr 4:5]

Full Life: Ezr 4:24 - TERHENTILAH PEKERJAAN. Nas : Ezr 4:24 Pekerjaan di bait suci terhenti tidak lama sesudah dimulai pada tahun 538 SM dan baru dimulai lagi 18 tahun kemudian, pada tahun 520...

Nas : Ezr 4:24

Pekerjaan di bait suci terhenti tidak lama sesudah dimulai pada tahun 538 SM dan baru dimulai lagi 18 tahun kemudian, pada tahun 520 SM.

BIS: Ezr 4:7 - "Surat ... dibacakan" "Surat ... dibacakan" atau Surat itu berbahasa Aram dan ditulis dengan tulisan Aram.

"Surat ... dibacakan" atau Surat itu berbahasa Aram dan ditulis dengan tulisan Aram.

BIS: Ezr 4:17 - "provinsi Efrat Barat" "provinsi Efrat Barat" Di bawah pemerintahan Persia negeri Yuda merupakan bagian dari provinsi milik Persia di sebelah barat Sungai Efrat.

"provinsi Efrat Barat" Di bawah pemerintahan Persia negeri Yuda merupakan bagian dari provinsi milik Persia di sebelah barat Sungai Efrat.

Jerusalem: Ezr 4:6 - Pada zaman Mulailah di sini sumber yang tertulis dalam bahasa Aram. Sumber itu diteruskan sampai Ezr 6:18. Tetapi beberapa keterangan dari sumber itu oleh si Muw...

Mulailah di sini sumber yang tertulis dalam bahasa Aram. Sumber itu diteruskan sampai Ezr 6:18. Tetapi beberapa keterangan dari sumber itu oleh si Muwarikh diringkaskan dalam bahasa Ibrani, yaitu Ezr 4:6-7

Jerusalem: Ezr 4:6 - Ahasyweros Yunaninya: Kserkses

Yunaninya: Kserkses

Jerusalem: Ezr 4:6 - permulaan pemerintahannya Ialah pada akhir th 486, awal th 486 seb Mas

Ialah pada akhir th 486, awal th 486 seb Mas

Jerusalem: Ezr 4:6 - mereka menulis Yaitu orang-orang yang disebut dalam Ezr 4:4.

Yaitu orang-orang yang disebut dalam Ezr 4:4.

Jerusalem: Ezr 4:7 - Artahsasta Yunaninya: Artakserkses I, yang memerintah th 465-424 seb Mas

Yunaninya: Artakserkses I, yang memerintah th 465-424 seb Mas

Jerusalem: Ezr 4:7 - oleh Bislam Naskah Ibrani kurang jelas. Dapat diterjemahkan: bersepapat oleh .... Terjemahan Indonesia ini mengertinya sebagai nama diri, seperti terdapat dalam 3...

Naskah Ibrani kurang jelas. Dapat diterjemahkan: bersepapat oleh .... Terjemahan Indonesia ini mengertinya sebagai nama diri, seperti terdapat dalam 3Ezr 2:12 dan terjemahan Latin. Ada ahli mengusulkan: melawan Yerusalem oleh (Mitredat.... )

Jerusalem: Ezr 4:8 - bupati Yaitu bupati (gubernur) Samaria, Ezr 4:17. Kota Samaria memang menjadi pusat administratip bagi propinsi yang juga mencakup wilayah Yehuda. Maka guber...

Yaitu bupati (gubernur) Samaria, Ezr 4:17. Kota Samaria memang menjadi pusat administratip bagi propinsi yang juga mencakup wilayah Yehuda. Maka gubernur Samaria mempunyai hak pengawasan atas Yerusalem.

Jerusalem: Ezr 4:10 - di kota Samaria Dalam terjemahan Yunani terbaca: di kota-kota (daerah) Samaria

Dalam terjemahan Yunani terbaca: di kota-kota (daerah) Samaria

Jerusalem: Ezr 4:10 - sungai Naskah Aram masih menambah: Dan sekarang. Kata yang sama terdapat pada akhir Ezr 4:11. Memang Ezr 4:9-10 sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Ezr 4:11. ...

Naskah Aram masih menambah: Dan sekarang. Kata yang sama terdapat pada akhir Ezr 4:11. Memang Ezr 4:9-10 sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Ezr 4:11. Daftar para pengeluh Ezr 4:9-10) ini mencakup pejabat-pejabat propinsi yang tertinggi beberapa pejabat Persia yang tinggi dan kepala-kepala kelompok-kelompok yang menetap di Palestina dan berbeda-beda kebangsaannya.

Jerusalem: Ezr 4:13 - sehingga kota itu... kepada raja-raja Dalam naskah Aram tertulis: sehingga engkau... kepada raja-raja.

Dalam naskah Aram tertulis: sehingga engkau... kepada raja-raja.

Jerusalem: Ezr 4:20 - seluruh daerah seberang sungai Efrat Dengan cara berlebih-lebihan disindir kerajaan Daud dan Salomo.

Dengan cara berlebih-lebihan disindir kerajaan Daud dan Salomo.

Jerusalem: Ezr 4:23 - Rehum Dalam beberapa naskah terjemahan Yunani dan Siria serta dalam satu naskah Ibrani terbaca: Rehum, bupati.

Dalam beberapa naskah terjemahan Yunani dan Siria serta dalam satu naskah Ibrani terbaca: Rehum, bupati.

Jerusalem: Ezr 4:24 - -- Melalui ayat ini penyusun kitab menghubungkan Ezr 5:1 dst dengan Ezr 4:5.

Melalui ayat ini penyusun kitab menghubungkan Ezr 5:1 dst dengan Ezr 4:5.

Ende: Ezr 4:6-23 - -- Si penjusun menggabungkan disini dengan perlawanan jang pertama (Ezr 4:1-5) beberapa peristiwa jang serupa jang baru terdjadi kemudian, jakni waktu pe...

Si penjusun menggabungkan disini dengan perlawanan jang pertama (Ezr 4:1-5) beberapa peristiwa jang serupa jang baru terdjadi kemudian, jakni waktu pemerintahan Xerxes (Hibr. Ahasjwerosj: 485-465) dan Artaxerxes (Hibr. Aretahsjasta: 465-424), jang memerintah sesudah Kambises (529-532) dan Darios I (522-485). Jang terachir itu disinggung aj. 5(Ezr 4:5).

Ende: Ezr 4:11 - diseberang sungai merupakan istilah untuk wilajah keradjaan Parsi diseberang sungai Efrat menudju ke Palestina sampai ke Mesir.

merupakan istilah untuk wilajah keradjaan Parsi diseberang sungai Efrat menudju ke Palestina sampai ke Mesir.

Ende: Ezr 4:14 - makan garam istana berarti, bahwa mereka setia pada radja, sebab terikat padanja oleh djandji.

berarti, bahwa mereka setia pada radja, sebab terikat padanja oleh djandji.

Ende: Ezr 4:24 - -- Dengan ajat ini diteruskan kisah jang diputus oleh Ezr 4:6-23, hingga kisah disini kembali ke Ezr 4:4, jakni tjeritera mengenai usaha pertama untuk me...

Dengan ajat ini diteruskan kisah jang diputus oleh Ezr 4:6-23, hingga kisah disini kembali ke Ezr 4:4, jakni tjeritera mengenai usaha pertama untuk membangun Bait Allah (bukan kota Jerusjalem!), jang gagal, baik karena permusuhan kaum negeri maupun akibat kelalaian orang2 Jahudi sendiri. Radja Darios tsb. ialah Darios I dan tahun kedua pemerintahannja ialah 520.

Endetn: Ezr 4:7 - lawan Jerusjalem diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Bisjlam"

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Bisjlam"

Endetn: Ezr 4:9 - -- Ditinggalkan: "lalu".

Ditinggalkan: "lalu".

Endetn: Ezr 4:9 - para hakim diperbaiki menurut III Esr 2:16. Kata Aram jang tertulis tidak djelas. "jaitu", diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Kata Aram tidak terang.

diperbaiki menurut III Esr 2:16. Kata Aram jang tertulis tidak djelas. "jaitu", diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Kata Aram tidak terang.

Endetn: Ezr 4:12 - diletakkan diperbaiki menurut kiraan (Ezr 5:16). Tertulis: "dikumpulkan (diperbaiki) mereka".

diperbaiki menurut kiraan (Ezr 5:16). Tertulis: "dikumpulkan (diperbaiki) mereka".

Endetn: Ezr 4:24 - Demikian diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Maka".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Maka".

Ref. Silang FULL: Ezr 4:6 - pemerintahan Ahasyweros // di Yerusalem · pemerintahan Ahasyweros: Est 1:1; Dan 9:1 · di Yerusalem: Est 3:13; 9:5

· pemerintahan Ahasyweros: Est 1:1; Dan 9:1

· di Yerusalem: Est 3:13; 9:5

Ref. Silang FULL: Ezr 4:7 - zaman Artahsasta // bahasa Aram:) · zaman Artahsasta: Ezr 7:1; Neh 2:1 · bahasa Aram:): 2Raj 18:26; Yes 36:11; Dan 1:4; 2:4

· zaman Artahsasta: Ezr 7:1; Neh 2:1

· bahasa Aram:): 2Raj 18:26; Yes 36:11; Dan 1:4; 2:4

Ref. Silang FULL: Ezr 4:9 - serta rekan-rekan // dari Erekh // dari Susan · serta rekan-rekan: Ezr 4:23; Ezr 5:6; 6:6,13 · dari Erekh: Kej 10:10 · dari Susan: Neh 1:1; Est 1:2; Dan 8:2

· serta rekan-rekan: Ezr 4:23; Ezr 5:6; 6:6,13

· dari Erekh: Kej 10:10

· dari Susan: Neh 1:1; Est 1:2; Dan 8:2

Ref. Silang FULL: Ezr 4:10 - oleh Asnapar // sungai Efrat · oleh Asnapar: 2Raj 17:24; 2Raj 17:24 · sungai Efrat: Ezr 4:17; Neh 4:2

· oleh Asnapar: 2Raj 17:24; [Lihat FULL. 2Raj 17:24]

· sungai Efrat: Ezr 4:17; Neh 4:2

Ref. Silang FULL: Ezr 4:12 - memperbaiki dasarnya · memperbaiki dasarnya: Ezr 5:3,9

· memperbaiki dasarnya: Ezr 5:3,9

Ref. Silang FULL: Ezr 4:13 - atau bea · atau bea: Ezr 7:24; Neh 5:4

· atau bea: Ezr 7:24; Neh 5:4

Ref. Silang FULL: Ezr 4:15 - kitab riwayat // itu dibinasakan · kitab riwayat: Ezr 5:17; 6:1 · itu dibinasakan: Est 3:8

· kitab riwayat: Ezr 5:17; 6:1

· itu dibinasakan: Est 3:8

Ref. Silang FULL: Ezr 4:17 - sungai Efrat · sungai Efrat: Ezr 4:10; Ezr 4:10

· sungai Efrat: Ezr 4:10; [Lihat FULL. Ezr 4:10]

Ref. Silang FULL: Ezr 4:19 - bangkit melawan · bangkit melawan: 2Raj 18:7; 2Raj 18:7

· bangkit melawan: 2Raj 18:7; [Lihat FULL. 2Raj 18:7]

Ref. Silang FULL: Ezr 4:20 - sungai Efrat · sungai Efrat: Kej 15:18-21; Kel 23:31; Kel 23:31; Yos 1:4; Yos 1:4; 1Raj 4:21; 1Raj 4:21; 1Taw 18:3; Mazm 72:8-11

· sungai Efrat: Kej 15:18-21; Kel 23:31; [Lihat FULL. Kel 23:31]; Yos 1:4; [Lihat FULL. Yos 1:4]; 1Raj 4:21; [Lihat FULL. 1Raj 4:21]; 1Taw 18:3; Mazm 72:8-11

Ref. Silang FULL: Ezr 4:22 - menjadi kerugian · menjadi kerugian: Dan 6:3

· menjadi kerugian: Dan 6:3

Ref. Silang FULL: Ezr 4:23 - serta rekan-rekan · serta rekan-rekan: Ezr 4:9; Ezr 4:9

· serta rekan-rekan: Ezr 4:9; [Lihat FULL. Ezr 4:9]

Ref. Silang FULL: Ezr 4:24 - pemerintahan Darius · pemerintahan Darius: Neh 2:1-8; Dan 9:25; Hag 1:1,15; Za 1:1

· pemerintahan Darius: Neh 2:1-8; Dan 9:25; Hag 1:1,15; Za 1:1

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ezr 4:6-16 - Orang Yahudi Difitnah Orang Yahudi Difitnah (4:6-16) Koresh dengan teguh berpihak pada kepentingan orang-orang Yahudi, dan menyokong apa yang sudah diberikannya sendiri ...

Matthew Henry: Ezr 4:17-24 - Orang Yahudi Difitnah Orang Yahudi Difitnah (4:17-24) Dalam perikop ini kita mendapati, (1) Perintah yang diberikan oleh raja Persia, sebagai jawaban atas ...

SH: Ezr 4:1-24 - Identitas umat pilihan (Sabtu, 4 Desember 1999) Identitas umat pilihan Mengizinkan orang Samaria yang setengah kafir untuk berpartisipasi dalam pembangunan kembali Bait Allah, tidak hanya meng...

SH: Ezr 4:1-24 - Tidak ada kompromi (Selasa 16 September 2008) Tidak ada kompromi Umat Tuhan yang telah mengalami pemulihan kadang-kadang terlampau besar sukacitanya sehingga mengira bahwa segala hambatan da...

SH: Ezr 4:1-24 - Tantangan dalam Pelayanan (Jumat, 23 Juni 2017) Tantangan dalam Pelayanan Dalam konteks melayani, segala sesuatu tidak selalu berjalan lancar sesuai yang kita harapkan. Karena dunia akan selalu mer...

SH: Ezr 4:1-24 - Lakukan Bagianmu dengan Setia (Sabtu, 24 Desember 2022) Lakukan Bagianmu dengan Setia Pada waktu Israel ditaklukkan dan dibawa ke pembuangan, Asyur sebagai negeri yang menjajah mereka dengan sengaja menemp...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ezra (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra Tema : Pemulihan Kaum Sisa Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Kitab Ezra adalah bagian dari sejarah y...

Full Life: Ezra (Garis Besar) Garis Besar I. Rombongan Pertama Orang Buangan yang Kembali ke Yerusalem (Ezr 1:1-6:22) A. Pengumuman dan Persediaan ...

Matthew Henry: Ezra (Pendahuluan Kitab) Dalam kitab ini, jemaat Yahudi menampilkan wajah yang amat berbeda daripada sebelumnya. Keadaan mereka pada saat ini jauh lebih baik dan lebih berb...

Jerusalem: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: Ezra (Pendahuluan Kitab) KITAB ESRA-NEHEMIA PENDAHULUAN Kitab Esra-Nehemia menurut aselinja hanjalan sat karya sadja. Sebagaimana halnja dengan pelbagai kitab lainnja, barulah...

TFTWMS: Ezra (Pendahuluan Kitab) EZRA 4: MEMBANGUN KEMBALI BAIT SUCI (Ezra 2) — MENGHADAPI PERLAWANAN DENGAN GENTAR "Maka penduduk negeri itu melemahkan semangat orang-orang Y...

TFTWMS: Ezra (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Dua suku ini disebut karena mereka membentuk kerajaan selatan setelah perpecahan Kerajaan Bersatu pada abad kesepuluh S. M. 2 Pa...

BIS: Ezra (Pendahuluan Kitab) EZRA PENGANTAR Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebag

EZRA

PENGANTAR

Buku Ezra adalah lanjutan dari buku Tawarikh, dan menggambarkan keadaan bangsa Yahudi sehabis masa pembuangan di Babel. Setelah sebagian dari orang- orang buangan itu pulang ke Yerusalem, kehidupan dan ibadat bangsa Yahudi dipulihkan.

Peristiwa-peristiwa itu disajikan dalam babak-babak berikut:

  1. 1. Kelompok pertama orang-orang buangan Yahudi pulang dari Babel ke Yerusalem, sesuai dengan perintah Kores, raja Persia.
  2. 2. Rumah TUHAN di Yerusalem dibangun kembali dan ditahbiskan, dan ibadat dipulihkan.
  3. 3. Bertahun-tahun kemudian kelompok Yahudi lain kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Imam Ezra, seorang ahli hukum Allah. Ezra membantu menyusun kembali kehidupan rakyat dalam bidang agama dan sosial, agar dapat melindungi warisan rohani Israel.

Isi

  1.  Pemulangan pertama dari tempat pembuangan
    Ezr 1:1-2:70
  2.  Rumah TUHAN dibangun kembali dan ditahbiskan
    Ezr 3:1-6:22
  3.  Ezra kembali bersama-sama dengan para buangan lain
    Ezr 7:1-10:44

Ajaran: Ezra (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemur

Tujuan

Supaya anggota jemaat yakin bahwa baginya juga tersedia kasih dan kemurahan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, ketika melihat kasih dan kemurahan Allah dalam Kitab Ezra kepada umat pilihan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Ezra.

Isi Kitab: Menurut urutan peristiwa yang tertulis dalam Kitab Ezra ini. Ezra ingin menjelaskan tentang, keadaan umat pilihan Allah dari pembuangan di Babel. Kitab ini terbagi atas 10 pasal.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ezra

  1. Pasal 1-6 (Ezr 1:1-6:22).

    Umat Allah kembali dari pembuangan di Babel dan membangun Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja Koresy, yang berkuasa pada waktu itu, mengijinkan umat Allah kembali ke Yerusalem untuk membangun Bait Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 1:1-4. Mengapakah raja Koresy menyuruh umat Allah kembali k Yerusalem? Hal ini berarti Tuhan lebih berkuasa dar raja-raja di dunia.
    2. Bacalah pasal Ezr 3:1-2,12-13. Bagaimanakah perasaan hati umat Allah pada saat selesa membuat mezbah dan meletakkan dasar bangunan Bait Allah? Mengapa demikian?
    3. Akhirnya pembangunan rumah ibadah selesa (pasal Ezr 6:16-17).
  2. Pasal 7-10 (Ezr 7:1-10:44).

    Pembaharuan oleh Ezra atas bangsa Israel

    Ezra kembali ke Yerusalem dengan surat kuasa dari raja Artahsasta. Dan mulailah pembaharuan terjadi di Yerusalem.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ezr 9:1-5,15. Sebagai seorang hamba Tuhan, Ezra menunjukka keprihatinannya dan juga tanggung jawabnya atas uma Allah. Bagaimana sikap saudara, kalau menjadi pemimpin?
    2. Bacalah pasal Ezr 10:1-6. Ezra bukan saja menaruh perhatian, tetapi ia bertindak. Dan apakah akibat tindakan Ezra ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan membuktikan bahwa Allah tetap setia dalam memberikan pengampunan kepada umat-Nya yang jatuh ke dalam dosa.

  2. Dengan melihat pembangunan Rumah Tuhan oleh Ezra, jelaslah bahwa Allah berkenan kepada pembangunan rumah-rumah ibadah kepada-Nya.

  3. Pernikahan anak-anak Tuhan dengan orang-orang yang tidak mengenal-Nya, merupakan dosa atau perzinahan di hadapan Allah.

  4. Pemulihan kembali umat Allah dari pembuangan, merupakan penggenapan Allah terhadap Firman-Nya, melalui nubuatan nabi-nabi-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab ini?
  2. Mengapakah pembangunan rumah Tuhan mengalami penundaan?
  3. Apakah yang diberikan raja Artahsasta kepada Ezra?
  4. Dosa apakah yang dilakukan oleh bangsa pilihan Allah itu, sehingga Ezr mengajak melakukan pengudusan diri?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kitab Ezra?

Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) Bangsa yang bangkit dari debu LATAR BELAKANGYerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Pe

Bangsa yang bangkit dari debu

LATAR BELAKANG
Yerusalem dihancurkan oleh tentara Babel pada tahun 587 S.M. dan bangsa Yehuda dibuang ke pengasingan. Peristiwa itu terjadi hampir lima puluh tahun sebelum Kerajaaan Babel ditumbangkan oleh bangsa Persia. Penguasa mereka, Koresy, mengambil suatu kebijaksanaan baru dengan mengizinkan orang-orang buangan kembali ke tanah air mereka, memberikan segala bantuan yang diperlukan untuk membangun kembali rumah-rumah ibadah dan menyelenggarakan ibadah mereka kembali. Banyak orang Yahudi yang sudah betah tinggal di pengasingan dan mereka tidak ingin kembali ke tanah air mereka. Kitab Ezra dimulai dengan kembalinya orang-orang Yahudi kurang lebih tahun 538 S.M.. Pasal Ezr 1-6 menceritakan apa yang terjadi dua puluh dua tahun kemudian ketika di bawah pimpinan Zerubabel mereka menghadapi banyak kekecewaan, tetapi akhirnya mereka dapat menyelesaikan pembangunan kembali Rumah Tuhan. Ezra sendiri tidak diperkenalkan sampai pasal Ezr 7:1. Ia memimpin serombongan orang buangan kembali ke tanah air mereka pada tahun 458 S.M.. Pasal Ezr 7-10 menceritakan cara Ezra membangun kembali bangsa itu menjadi bangsa yang hidupnya berkenan kepada Allah. Perlu dicatat bahwa ada masa tenang selama hampir enam puluh tahun di antara pasal Ezr 6:22 dan Ezr 7:1.

KITAB ITU
Kitab Ezra merupakan bagian dari suatu kisah bersambung yang dimulai dari permulaan I Tawarikh sampai pada akhir Nehemia.
Perhatikan:
1. Ezra mungkin tidak menulis kitab itu sendiri, walaupun bagian kedua kisah itu diambil dari catatan hariannya.
2. Seringkali sukar untuk menentukan berbagai tahun kejadian. Kisah mengenai perlawanan di bawah Artahsasta (Ezr 4:7-24) menunjuk pada masa yang kemudian dibandingkan dengan apa yang terjadi pada bagian permulaan kitab ini.
3. Ezra bukanlah semata-mata catatan sejarah. Si Penulis menggunakan sejarah untuk mengajar kita bagaimana Allah menangani umat-Nya. Pengajaran-pengajaran itu masih berlaku sampai saat ini.

EZRA
Ezra adalah seorang terpelajar yang menjadi Menteri Negara urusan orang Yahudi dalam pemerintahan Artahsasta. Kehidupannya yang boleh jadi sangat mengesankan di hadapan raja ditandai dengan tiga sifat, yaitu: ia berdedikasi tinggi mempelajari kitab suci (Ezr 7:10); ia memperagakan keberanian untuk percaya kepada Allah (Ezr 8:21-23) dan ia dengan rendah hati menunjukkan solidaritas terhadap bangsanya (Ezr 9:6-15).

Pesan

1. Apa yang diajarkan Ezra mengenai Allah
Ezra berbicara mengenai Allah sebagai Tuhan penguasa langit dan bumi (Ezr 1:2; 5:11), namun demikian ia Allah yang dapat dikenal dan dipercayai oleh umat-Nya.
Allah yang:
o memenuhi janji-janji-Nya. Ezr 1:1
o menggenapi rencana-Nya. Ezr 1:1, 5
o menjaga kekudusan secara mutlak. Ezr 4:3, 9:15
o mengubah yang jelek menjadi baik. Ezr 5:3-6:12
o mengatur segala segi kehidupan manusia. Ezr 7:27, 28
o melindungi umat-Nya. Ezr 8:21-23
o menjawab doa-doa mereka. Ezr 8:23,31
o di atas segalanya, baik. Ezr 3:11

2. Apa yang diajarkan Ezra mengenai penyembahan
Pemulihan kembali tata ibadah penyembahan merupakan prioritas utama bagi mereka yang kembali dari pembuangan. Ezr 3:1-6
Pelaku ibadat:
o bersatu. Ezr 3:1
o penuh sukacita. Ezr 3:11-13; 6:16
o tidak mengenal kompromi. Ezr 4:1-3, 6:21
o bertobat. Ezr 6:17
o taat. Ezr 3:2; 6:18

3. Apa yang diajarkan Ezra mengenai dosa
o dosa harus ditangani dengan sungguh-sungguh. Ezr 9:3,4; 10:6
o dosa dapat berbentuk suatu kompromi yang tidak kelihatan. Ezr 4:1-3; 9:1-3
o dalam menangani dosa diperlukan pengakuan yang sungguh-sungguh tanpa mencoba untuk membela diri. Ezr 9:5-15
o pemulihan dosa hanya dapat terjadi dengan belas kasihan Allah. Ezr 9:13
o untuk menghalau dosa diperlukan langkah-langkah praktis. Ezr 10:7-17

Penerapan

1. Bagi para pemimpin dunia
o Allah mengatur segala masalah dunia.
o Allah akan memberkati mereka yang memperlakukan bangsa yang tertekan dengan adil.
o Allah akan menghargai mereka yang menepati janji.

2. Bagi gereja Kristen
o Uang harus diberikan untuk pekerjaan Allah dengan bebas dan dengan murah hati.
o Ibadah harus dipersembahkan kepada Allah dengan penuh sukacita.
o Persatuan dalam gereja adalah penting.
o Jagalah kemurnian penyembahan Anda: jangan membuang kekhasan ibadah Anda sebagai akibat kompromi dengan kepercayaan lain.
o Suatu perubahan sikap yang radikal -- meninggalkan cara hidup yang penuh dosa -- diperlukan jika Anda ingin Allah memberkati Anda.

3. Bagi pribadi-pribadi Kristen
o Jadikan ibadah kepada Allah sebagai prioritas utama.
o Jangan memandang enteng dosa.
o Pelajari Alkitab secara sungguh-sungguh.
o Taatilah Tuhan secara mutlak.
o Percayalah pada pemeliharaan Allah.
o Berilah persembahan dengan murah hati.
o Ambillah langkah-langkah praktis untuk bertambah-tambah dalam kesucian.

Tema-tema Kunci

Sejumlah tema dalam kitab Ezra mengundang orang Kristen untuk meninjau hubungan mereka dengan Allah.

1. Pengalaman Kristiani
Ezra menyadari bahwa Allah bekerja dalam hidupnya dan memimpin setiap langkahnya. Camkanlah khususnya ungkapan ini, "tangan Tuhan Allahnya berada di atasnya" (Ezr 7:6,9,28; 8:22,31). Pada saat-saat apa Anda merasakan kuasa Allah dalam hidup Anda?

2. Ambisi Kristiani
Kerinduan terbesar dalam kehidupan Ezra adalah firman Allah (Ezr 7:10). Ia mempelajarinya; menaati dan mengajarkannya. Belajar dan ketaatan seharusnya berjalan berdampingan. Lihatlah betapa erat hubungannya dengan Mazmur 119. Dengan cara bagaimana mempelajari Alkitab mempengaruhi hidup Anda?

3. Memberi secara Kristiani
Cara Anda menggunakan harta milik Anda merupakan suatu indikasi keadaan rohani Anda. Bangsa Yahudi yang baru kembali dari pembuangan memberi dengan spontan kepada Allah (Ezr 2:68,69). Tinjaulah kembali apa yang Anda berikan kepada Allah di bawah terang pengajaran yang terdapat dalam 2Korintus 8 dan 2Korintus 9, dan 1Korintus 16:2.

4. Kemurnian Kristiani
Tinjaulah hidup Anda dengan maksud untuk menemukan titik-titik rawan tempat Anda cenderung mengadakan kompromi dengan iman Anda. Langkah-langkah praktis apa saja yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa Anda tidak mengadakan kompromi.

5. Kegagalan Kristiani
Pada waktu Anda mengalami kegagalan seperti yang dialami oleh bangsa Yahudi, apa yang telah Anda lakukan? Sebagian orang mencoba untuk melupakannya, tetapi Ezra (Ezr 9:1-10:44) mengajarkan bahwa kegagalan harus dihadapi, diakui, disesali dan diluruskan. Dengan jalan demikian pengampunan sejati dapat dirasakan.

6. Iman Kristiani
Tindakan Ezra untuk kembali ke Yerusalem tanpa dikawal oleh pasukan bersenjata merupakan tindakan yang sangat berani (Ezr 8:21-23). Mengapakah ia melakukan hal itu? Melalui perbuatan iman, baik kecil maupun besar, apakah Allah telah memanggil Anda dalam kehidupan kekristenan Anda? Sampai di mana pertumbuhan rohani bergantung pada perbuatan iman seperti itu.

Garis Besar Intisari: Ezra (Pendahuluan Kitab) [1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22 Pembangunan kembali Rumah Tuhan Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pu

[1] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN KORESY Ezr 1:1-6:22

Pembangunan kembali Rumah Tuhan

Ezr 1:1-11Koresy mengizinkan orang Yahudi pulang ke negeri mereka
Ezr 2:1-67Daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 2:68-70Apa yang pertama-tama dilakukan di Yerusalem
Ezr 3:1-6Tata cara ibadat lama dipulihkan
Ezr 3:7-13Peletakan pondasi pembangunan Rumah Tuhan
Ezr 4:1-24Bangsa Yahudi menghadapi perlawanan
Ezr 5:1-17Penyelidikan arsip
Ezr 6:1-12Penganiayaan membuahkan berkat
Ezr 6:13-22Rumah Tuhan selesai dibangun

[2] KEMBALI DARI PEMBUANGAN DI BAWAH PEMERINTAHAN ARTAHSASTA Ezr 7:1-10:44

Pembangunan kembali bangsa Yahudi

Ezr 7:1-28Ezra diperintahkan untuk kembali ke negerinya
Ezr 8:1-20Daftar orang yang kembali dari pembuangan
Ezr 8:21-36Peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh Ezra
Ezr 9:1-5Dosa ditunjukkan
Ezr 9:6-15Doa pengakuan dosa Ezra
Ezr 10:1-5Reformasi dimulai
Ezr 10:6-15Perintah langsung dari Ezra
Ezr 10:16-44Nama-nama mereka yang tidak menghormati perintah Tuhan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.42 detik
dipersembahkan oleh YLSA